RSS

PROPOSAL SKRIPSI SYAUQI

KERJA SAMA ORANG TUA SISWA DAN PENGELOLA LEMBAGA
DALAM MENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN
DI MADRASAH IBTIDA’IYAH ALMUHTADI SENDANGAGUNG
PACIRAN LAMONGAN


Proposal Skripsi
Di Ajukan Untuk Memenuhi Syarat Pembuatan
Skripsi Dalam Mendapatkan Gelar Sarjana Strata Satu ( S1 )



 



Oleh
AHMAD SYAUQI ARIF
NIM : 2006010521






SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN DRJAD
( STAIDRA )
PROGAM STUDY PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KRANJI PACIRAN LAMONGAN
2009


A. Latar Belakang Masalah
        Pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan prilaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.[1]
Pendidikan berusaha untuk mengembangkan potensi individual agar mampu berdiri sendiri untuk mencapai sebuah tujuan. Untuk terwujudnya tujuan dan kualitas pendidikan merupakan pekerjaan raksasa yang memerlukan penanganan bersama oleh segenap badan pendidikan ( Keluarga, sekolah dan masyarakat ).
        Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, sekolah dan masyarakat. Bahkan menjadi tanggung jawab seluruh bangsa Indonesia. Dan pendidikan ini diusahakan agar dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.
        Kalau dilihat dari masing-masing pusat pendidikan, maka keluarga adalah sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama. Pendidikan dalam keluarga sangatlah penting, bahwa semua  yang terjadi dalam pendidikan itu membawa pengaruh terhadap kehidupan si terdidik, demikian pula terhadap pendidikan-pendidikan yang akan dialaminya di sekolah dan di masyarakat.
        Pendidikan dikatakan pertama, karena dalam keluargalah anak-anak pertama kali  mendapatkan didikan dan bimbingan. Dikatakan yang utama, karena sebagian besar pola kehidupan anak-nak itu di dalam naungan keluarga. Jelaslah bahwa orang tua yang paling kompeten membimbing dan mengarahkan anaknya dalam keluarga.
        Orang tua adalah orang dewasa pertama yang memikul tanggung jawab pendidikan, sebabab secara alami anak pada masa-masa awal kehidupannya berada di tengah-tengah ibu dan ayahnya. Dari merekalah anak mengenal pendidikannya. Dasar-dasar hidup, sikap hidup dan keterampilan hidup banyak tertanam sejak anak berada di tengah-tengah orang tuanya.[2]
        Selanjutnya sekolah sebagai lembaga pendidikan kedua, bertanggung jawab terhadap pendidikan intelek dan pendidikan keterampilan yang berhubungan dengan kebutuhan anak untuk hidup di masyarakat nanti dan yang sesuai dengan tuntunan mayarakat.
        Didalam sekolah seorang guru akan berperan aktif dalam memberikan pelayanan kepada para siswa agar mereka menjadi siswa atau peserta didik yang selaras dengan tujuan sekolah itu. Melalui bidang pendidikan, guru mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, baik sosial, budaya, maupun ekonomi. Dalam keseluruhan proses pendidikan, guru memegang berbagai peranan yang mau tidak mau harus dilaksanakannya sebagai seorang guru.[3]
        Dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan yang baik harus ada kerjasama antara keluarga, sekolah dan masyarakat. Karena hubungan kerjasama antara ketiga lembaga pendidikan ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan pendidikan. Bahkan pendidikan akan mengalami kepincangan dan tak akan mampu mencapai tujuan pendidikan nasional.
         Lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah mempunyai situasi yang sangat berbeda dan masing-masing dapat mempengaruhi kepribadian anak. Oleh sebab itu perbedaan yang ada harus diatasi dengan usaha meningkatkan kerjasama antara orang tua siswa dan para guru dengan penuh kesadaran dan pengertian agar tidak merugikan anak.
      Adalah kenyataan bahwa orang tua adalah guru pertama bagi anak-anaknya. Apabila anak telah masuk sekolah, maka orang tua adalah mitra kerja yang cocok bagi guru anaknya. Bahkan sebagai orang tua, mereka mempunyai berbagai peran pilihan yaitu : orang tua sebagai relawan, orang tua sebagai pembuat keputusan dan orang tua sebagai anggota tim kerjasama guru dan orang tua.[4]
      Baik orang tua maupun guru selalu berharap agar anak atau anak didiknya akan mampu mencapai prestasi dan berkembang secara optimal. Walaupun demikian pada kenyataannya tidak mudah menjalin kerjasama antara kedua belah pihak tersebut. Baik orang tua mapun guru sering kali tidak memiliki pandangan yang sama terhadap pendidikan.
      Ada berbagai cara bagaimana guru dapat membantu para orang tua melalui pendidikan anaknya, tetapi sebaliknya para guru tidak terlalu banyak menuntut mengritik atau menuntut para orang tua, karena pada umumnya yang di butuhkan adalah bantuan bukan kritik. Demikian pula sebaliknya, yang lebih penting adalah kerja sama yang baik.
  Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi adalah termasuk lembaga pendidikan tertua di desa Sendangagung, dan sampai saat ini Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi masih eksis dan selalu berkembang sesuai dengan zaman. Keberhasilan demi keberhasilan di peroleh Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi, dengan bukti munculnya berbagai prestasi, lulusan-lusan yang berkualitas, semangkin meningkatnya jumlah siswa setiap tahun, adanya fasilitas-fasilitas pendidikan yang menunjang kualitas pendidikan, seperti laboratorium bahasa, perpustakaan, laboratorium komputer dan labolatorium IPA serta adanya gedung sekolah yang cukup besar dan bermutu. Semua itu tidaklah luput dari kerja sama dan partisipasi serta kepedulian orang tua siswa dalam rangka mewujudkan kualitas pendidikan yang ada di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi pada umumnya, dan pada siswa ( anaknya ) pada khususnya.
      Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi di desa Sendangagung Paciran Lamongan, perlu kiranya orang tua mengadakan kerjasama dengan guru-guru Madarsah Ibtida'iyah Almuhtadi secara intensif dengan cara tukar informasi bagaimana perkembangan anaknya, saling membentuk dalam memberikan pengawasan dan bimbingan kepada anak, sehingga dengan keikutsertaan orang tua, siswa akan terwujud pula suatu proses belajar mengajar yang baik dan lancar serta pendidikan madrasah ibtida'iyah almuhtadi yang berkualitas.
      Agar mengetahui secara pasti sejauhmana kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dalam bidang apa saja kerjasama tersebut, serta apa saja faktor yang menghambat dan menunjang kerjasama tersebut. Berdasarkan hal itu penulis ingin mengadakan penelitian langsung di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi di desa Sendangagung Paciran Lamongan.

B.  Ruanglingkup Penelitian
      Adapun ruang lingkup penelitian skripsi ini dibatasi tentang kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang meliputi :
  1. Kerjasama orang tua dan guru dalam penyediaan dana atau biaya pendidikan
  2. Kerjasama orang tua dan guru dalam usaha pengadaan sarana dan prasarana pendidikan
  3. Kerjasama wali murid dalam memberikan bimbimbingan dan motivasi belajar anak.

C. Fokus Masalah
      Berdasarkan latar belakang yang penulis kemukakan di atas, maka permasalahan yang dapat penulis rumuskan adalah sebagai berikut :
1.       Bagaimana kerjasama orang tua siswa dengan guru dalam  meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi ?
2.       Dalam bidang apa saja kerjasama orang tua siswa dengan guru dalam  meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi ?
3.       Apa saja yang menunjang dan menghambat kerjasama orang tua siswa dan guru dalam  meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi ?

D.  Tujuan dan Kegunaan
      Berdasarkan pokok permasalahan yang telah di uraikan di atas, maka pembahasan ini bertujuan :
  1. Untuk mengetahui kerjasama orang tua siswa dengan guru di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi
  2. Untuk mengetahui secara pasti dalam bidang apa saja kerjasama tersebut
  3. Untuk mengetahui factor-faktor yang dapat menunjang dan menghambat kerjasama tersebut.
Setelah penelitian ini di harapkan dapat berguna :
  1. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi.
  2. Dapat di jadikan bahan motivasi orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi.
  3. Menjadi sumbangan dan bahan kepustakaan bagi semua pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan.

E.  Metode Penelitian
1.  Desain Penelitian
Desain penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskripsi, yakni jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas satu keadaan sejernih mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti.


2.  Data Penelitian
a.       Unit Analisa
Sesuai dengan masalah yang di bahas, maka unit analisa data atau objek masalah adalah kerjasama orang tua siswa dengan guru dalam  meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtida'iyah Almuhtadi
b.      Informan
Informan atau orang yang akan dijadikan sebagai sumber dalam memperoleh data adalah :
1.      Kepala sekolah Madrasah ibtida’iyah almuhtadi
2.      Tujuh Guru Madrasah ibtida’iyah almuhtadi.
3.      Lima wali murid Madrasah ibtida’iyah almuhtadi. Data yang di ambil adalah alasan menyekolahkan anaknya di madrasah ibtida’iyah almuhtadi, dan apa saja yang pernah di sumbangkan kepada madrasah ibtida’iyah almuhtadi.
3.  Tehnik Penggalian Data
            Untuk mendapat data-data yang yang di perlukan, penulis menggunakan bebrapa tehnik sebagai berikut :
a.       Metode Interview
            Metode ini di gunakan oleh peneliti dengan cara bertatap muka secara langsung untuk memperoleh data yang lengkap tentang masalah yang sedang diteliti. Adapun penggalian data dengan tehnik ini dapat diperoleh dari kepala sekolah, guru dan wali murid Madrasah Ibtida’iyah Almuhtadi.
b.      Metode Observasi Nonpartisipan
            Observasi nonpartisipan ini digunakan untuk mengamati  keadaan dilapangan tentang proses guru memberikan pelajaran di sekolah dan proses orang tua memberikan bimbingan dan motovasi belajar anak.
c.       Metode Dokumentasi
            Metode dokumentasi merupakan suatu cara untuk mendapatkan data yang diperlukan dengan cara mempelajari dokumentasi atau catatan-catatan yang ada hubungannya dengan penelitian.
            Penggunaan tehnik dokumentasi bermanfaat dalam mengumpulkan informasi tentang penyediaan anggaran dana biaya pendidikan dan pengadaan sarana prasarana pendidikan.
4.  Tehnik Analisa Data
Untuk menganalisa data yang di dapatkan dari hasil observasi, interview dan dokumentasi, maka peneliti akan menggunakan constant comparative method  atau metode perbandingan tetap.

F.  Sistematika Pelaporan
      Sistematika pelaporan ini merupakan gambaran global, secara sistematis yang terdiri dari 4 bab, yaitu
      Bab I, pendahuluan yang meliputi : latar belakang, ruang lingkup penelitian, fokus masalah, tujuan dan kegunaan penelitian.
      Bab II, menerangkan tentang metode penelitian yang meliputi:  desain penelitian, data penelitian yang terdiri dari unit analisa dan informan, tehnik penggalian data, tehnik analisa data.
      Bab III, berisi tentang hasil penelitian dan pembahasan yang mengemukakan kajian dan analisis data.
      Bab IV, memuat tentang kesimpulan dan saran-saran. Dimana kesimpulannya memuat hasil penelitian yang disesuaikan dengan fokus masalah kemudian disertakan saran-saran yang di anggap perlu dan sifatnya membangun.



DAFTAR PUSTAKA

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung,
2007.
Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Difa  Publisher,  
cet. 3, 2008.
Soemiarti Patmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.
Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Logos, Jakarta, 1999.
Kountur, Ronny, Penelitian Untuk Skripasi dan Tesis, ppm, Jakarta, 2005.




                                      
























[1] Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Difa Publisher, cet. 3, 2008, hal. 254
[2]  Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Logos, Jakarta, 1999, hal. 87
[3]  Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2007, hal. 33
[4]  Soemiarti Patmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 2003, hal. 123                   

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar