RSS

TEATER ALMUHTADI


Festival Teater
PAC IPNU IPNU PACIRAN GELAR FESTIVAL TEATER PELAJAR

LAMONGAN-PACIRAN- Upaya pengembangan kreatifitas dan mewadahi minat dan bakat kader-kader IPNU IPPNU tidak henti-hentinya dilakukan PAC IPNU IPPNU Paciran, dengan bukti diadakannya festifal teater pelajar se ANCAB Paciran.
             Seni Teater bukan hal tabu bagi para pelajar baik secara istilah maupun penyajiannya. Berbagai kalangan siswa sampai mahasiswa mendalami dan menikmati penampilan seni teater. Hal ini terbukti adanya pemahaman serta sudut pandang mereka yang apresiatif dan kritis pada setiap pertunjukan teater yang digelar. Atas dasar tersebut cukup menjadi bukti  bahwa teater bukan produk baru bagi para pelajar. Sebab, teater merupakan bagian atau gambaran dari realita hidup yang nyata. Sehingga, keberadaan sangat penting bilamana dapat diaplikasikan sebagai bentuk sikap pelajar terhadap realitas hidup itu sendiri.
           Dalam rangka inilah, Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Kecamatan Paciran mengadakan Festival Teater Pelajar. Festival dilaksanakan pada hari jum’at mulai jam 08.30 sampai jam 05,25 yang kegiatannya dipusatkan di AULA MA Ma’arif NU Almuhtadi Sendangagung. Selain diadakan dalam rangka memperingati hari lahir IPNU yang ke 57 dan IPPNU ke 56 tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan apresiasi seni pada masyarakat secara umum dan meningkatkan kreatifitas pelajar khususnya.
             Untuk itulah, festival yang bertema “ Aktualisasi Warna Seni dan Kreasi Pelajar Indonesia “ tersebut diikuti oleh 9 kelompok teater dari pimpinan ranting dan pimpinan komisariat IPNU IPPNU se kecamatan Paciran dan juga undangan, seperti PR Sendangagung, PR Kemantren, PK MA Almuhtadi, PK Tarbiyatul Huda, MTs Almuhtadi, PK MMA 07 Banjarwati, PK MA Mazra’atul Ulum, PK SMA MA Mazra’atul Ulum, PK Roudlotul Mu’taabidin.
          Dari 9 kelompok teater pelajar tersebut dipandegani oleh sejumlah 150 pemain dan kruw pementasan teater dan telah di ambil beberapa juara kategori yaitu sutradara terbaik diraih PK SMA Mazra’atul Ulum, actor terbaik diraih PR Sendangagung, aktris terbaik diraih PK MA Mazra’atul Ulum dan penampilan kelompok terbaik 1 diraih PK SMA Mazra’atul Ulum dan kelompok terbaik 2 diraih oleh PR Sendangagung.
         Ah. Syauqi Arif SM. ketua pelaksana festival yang juga sebagai Pembina Teater Metamorfosis PK MA Almuhtadi kali ini mengatakan bahwa kelompok teater pelajar khususnya pimpinan komisariat yang ada di tingkat MA/SMA/MTs memang mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. PAC IPNU IPPNU Paciran melihat hal tersebut kemudian  mengadakan festival  untuk menyalurkan potensi tersebut. “Tujuan diadakannya festival ini adalah dalam rangka silaturrahim Pimpinan Anak Cabang dengan pimpinan komisariat, pimpinan ranting, antar kreator, maupun antar komunitas seni. Pada sisi lain, acara ini menjadi sebentuk progam kerja PAC Paciran yang bukan sekedar brand image suatu pagelaran melainkan aspek capaian yang edukatif bagi pelajar untuk saling mengenal serta saling memberikan pengaruh positif bagi masa depan kreatifitas pelajar itu sendiri ” Tambahnya.
         Drs. H. Nur Rozuqi, S. Pd. ( Ketua Himpunan Sekdes Se- Jatim ) dan selaku salah satu dari dewan Juri  menyampaikan bahwa kegiatan seperti festival ini menjadi sangat perlu di tindak lanjuti dan penting untuk mengembangkan bakat dari para pelajar, jangan sampai cukup satu kali ini saja. Ketika para pelajar telah memiliki seambrek bakat yang mendapatkan bimbingan dan pengembangan lebih lanjut, maka mereka akan dapat berkreasi dimanapun mereka berada. Kreatifitas inilah yang akan dapat mengantarkannya menjadi manusia yang sukses, Kita berharap dari mereka ( pelajar lamongan ) akan muncul bakat-bakat terpendam dalam hal teater yang akan mengisi khazanah kebudayaan di Indonesia”.
Ifa Rahmawati selaku Ketua PAC IPPNU Paciran juga menambahkan “ yang menjadi dewan juri dalam Festifal ini adalah mereka yang sudah berpengalaman di bidang seni teater seperti Drs. H. Nur Rozuqi, S. Pd., Hendi Budiono dan Johan Khoiru Zaman “. 
         Teater Pelajar seperti yang diadakan PAC IPNU IPPNU Paciran ini sangat baik untuk para pelajar husunya pelajar zona Pantura agar dapat menumbuh-kembangkan bakat terpendam mereka”, Tambah Zamroni ketua PAC IPNU Paciran.
         Tema dan sekenario yang disajikan peserta sangat beragam ada yang bernuansa politik, pendidikan, dan ekonomi bahkan yang menarik lagi dari salah satu peserta menyajikan sebuah penampilan yang sangat hangat di Indonesia akhir-akhir ini yaitu tentang kekerasan dalam menyelesaikan masalah aliran yang dianggap sesat oleh umat Islam.

Dari                 :  Syauqi Arif ( M@ladi NEWS )
Alamat            :  Jl. MA Almuhtadi Suban Raya 79 Sendangagung Paciran Lamongan



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar